Sabtu, 16 April 2011

ProtoMotors Spirra, Supercar Rasa Ginseng!

ProtoMotors Spirra, Supercar Rasa Ginseng!



Ingin memiliki supercar, namun ingin sesuatu yang berbeda? Banyak pilihannya. Dari yang memilih supercar dengan spesifikasi khusus & terbatas, atau memilih pabrikan yang…tidak terlalu terkenal namun memiliki performa yang baik

Bagaimana jika kita memilih opsi yang kedua. Maka pilihannya akan semakin banyak, dari yang buatan Eropa, sampai yang buatan Korea. Heh, Korea? Memangnya ada supercar dari Korea? Jangan salah, selain De Macross GT1, Korea juga memiliki supercar lain yang memiliki performa baik, serta harga yang kompetitif bernama Spirra

Spirra, yang awalnya didesain oleh perusahaan kecil bernama Oulim, setelah 10 tahun riset & pengetesan akhirnya diproduksi, setelah hak produksi Spirra dibeli oleh perusahaan karoseri Korea, ProtoMotors. Desain Spirra yang futuristik ini, sepertinya hampir mirip dengan Autobacs Garaiya atau Tommy Kaira ZZ-2. Pabrikan-pabrikan Korea memang sedang berbenah dalam soal desain, termasuk Hyundai

Body Spirra ini, dibuat dari karbon fiber dan dipasang di sasis spaceframe tubular. Dengan bobot hanya 1.323kg, Spirra termasuk ringan & sepertinya seimbang dengan saingan terdekatnya, Lotus Evora

Spirra yang memiliki 4 model ini memiliki 4 macam mesin juga. Konsumen bebas memilih, mau yang versi pertama yang diperkuat mesin V6 2700cc supercharger dari Hyundai Genesis bertenaga 175hp, sampai yang teringginya, V8 4600cc bertenaga 500hp, yang membuat Spirra mampu berakselerasi 0-100km/h hanya dalam 3,5 detik serta kecepatan maksimum 315km/h. Hebat kan!

Untuk menahan gempuran tenaga sebesar itu, ProtoMotors memasang perangkat rem kuat Brembo 6-piston di depan & 4-piston dibelakang, serta velg 18″ yang dibuat sendiri oleh ProtoMotors

Yang mengagumkan adalah interiornya, sangat keren, bahkan jika dibandingkan dengan pabrikan Eropa. Kombinasi antara karbon fiber & kulit berkualitas tinggi, memang berhasil membuat Spirra terlihat elit. Jangan lupa teknologi-teknologi seperti layar sentuh LCD untuk navigasi & perangkat hiburan

Untuk membuktikan kemampuan Spirra, ProtoMotors pernah membuat versi kompetisi dari Spirra untuk berkompetisi di kejuaraan Korean GT Master dan bersaing dengan kompetitornya seperti BMW M3 GTR, Porsche 911 GT3 RSR serta Nismo 350Z

Agar kemampuannya tidak kalah dengan saingannya, ProtoMotors memasang mesin V6 2700cc Twin Turbo dengan tenaga 600hp dan mampu melaju sampai 338km/h. Dengan kemampuan ini, Spirra mampu menjuarai KGTM pada tahun 2008. Termasuk hebat, karena debut awalnya dimulai pada tahun yang sama, di sirkuit Yongin Speedway

ProtoMotors sendiri lebih fokus pada pasar negaranya sendiri & Asia, sehingga Eropa & Amerika belum dapat mencicipi kemampuan Spirra. Semoga saja melihat animo pasar yang baik, ProtoMotors berencana memasukannya ke negara-negara lain, termasuk Indonesia!
Sumber : ProtoMotors

Chevrolet Corvette Z06 Centennial Modifikasi Edition 2012, Rayakan 100 Tahun Nama Sang Legenda

Chevrolet Corvette Z06 Centennial Modifikasi Edition 2012, Rayakan 100 Tahun Nama Sang Legenda



Corvette? Meskipun sportcar kebanggan negara Adidaya ini kencang & keren, tapi bukankah tema bulan ini di Pedal2theMetal adalah “Eksotis & Supercar”? Tenang dulu…Kali ini saya akan mengulas tentang Corvette edisi spesial, yang dibuat Chevrolet dalam rangka merayakan peringatan 100 tahunnya nama Corvette dalam dunia otomotif

Nama Corvette memang tidak dapat lepas dari Amerika. Bisa dibilang, selain Viper, hanya Corvette-lah yang membuat nama Amerika & Chevrolet berkibar di arena sportcar & balap dan bersaing dengan pabrikan supercar lain seperti Ferrari & Lamborghini. Coba anda tanya pada pemerhati dunia otomotif dimanapun, siapa sih yang tidak kenal Corvette?

Karena itulah, Chevrolet mengeluarkan edisi spesial bernama “Centennial Edition” yang uniknya, disediakan dalam seluruh model Corvette, dari versi Grand Sport, Z06 & ZR1 yang rencananya akan mulai dijual pada awal musim panas tahun ini

Oke, sekarang mungkin anda bertanya-tanya, apa sih uniknya Corvette edisi spesial ini? Yang pertama adalah warna bodynya yang dibalur warna ekslusif Carbon Flash Metallic serta grafis berwarna Satin Black. Membuat wajah Corvette yang sudah intimidatif, menjadi bertambah sangar & sinis. Pastinya Mustang & Charger akan sedikit “sopan” ketika melihat Corvette ini melaju kencang di jalanan!

Selain bodynya, kaki-kaki Corvette pun turut dirombak, seperti velg yang juga berwarna Satin Black berbahan alumunium ringan dengan strip merah berukuran 19″ di depan & 20″ di belakang. Namun, yang benar-benar diincar oleh para fans Corvette adalah sistem suspensi Magnetic Selective Ride Control, suspensi dengan responsifitas tercepat & dibantu pelumas yang dicampur kandungan magnet, agar kontrol & stabilitas Corvette yang terkenal sedikit liar menjadi lebih stabil & responsif

Menambah kesan unik & spesial, interiornya pun dirombak oleh Corvette, seperti logo bergambar pendiri Chevrolet, Louis Chevrolet di setir, serta lapisan interionrya yang menggunakan bahan ekslusif, kulit berwarna Ebony yang membalut setir, kursi, konsol serta tuas perseneling. Uniknya, kursinya sendiri menggunakan aksen mikrofiber berbahan suede yang diambil dari Corvette Carbon Limited Edition

Chevrolet akan memulai pelelangan akan Corvette Z06 Centennial Edition produksi pertama dengan kode produksi “00001″ di acara pelelangan mobil terkenal, Barrett-Jackson di West Palm Beach, Florida pada tanggal April 9 2011. Hasil pelelangannya sendiri akan disumbangkan kepada Austin Hatcher Foundation, yayasan kepedulian akan penyandang kanker yang menyerang anak-anak

Kencang, unik & terbatas.  ““Eksotis & Supercar””

Aston Martin Modifikasi Vantage GT3, Ksatria Balap Mobil Sport Terbaru Inggris

Aston Martin Modifikasi Vantage GT3, Ksatria Balap Mobil Sport Terbaru Inggris



Perkenalkan Vantage GT3, mobil balap terbaru Aston Martin yang merupakan versi balap dari Vantage V12 yang untuk awalnya hanya disediakan untuk 10 pelanggan Aston Martin yang beruntung! Aston Martin berencana akan menurunkan mobil (super) keren ini untuk mengalahkan Ferrari 458 Italia & McLaren MP4-12C

Bagi penggemar Aston Martin pasti tahu versi sirkuit dari Vantage bernama GT4. Ya, GT3 ini disediakan untuk yang merasa versi GT4 kurang “menggigit”. Bagaimana tidak? dengan mesin lebih kuat V12 6000cc bertenaga 600hp, transmisi paddle shifter yang diperbaharui, serta elektronik yang lebih baik, pastinya GT3 bisa mencetak waktu lebih singkat dibanding GT4, bahkan dari DBR9S yang akan digantikannya

He, DBR9 akan digantikan? Untuk versi GT2 mungkin belum, karena Aston Martin belum membuat Vantage versi GT2, namun jika mobil berbobot hanya 2.755lbs ini mampu berprestasi, mungkin saja nanti Aston Martin & Inggris akan memiliki ksatria baru di arena balap!

Guild N One Modifikasi Toyota Supra D1/MSC, Konversi Mobil Toyota Terkeren!




Sewaktu di even Drift yang diselenggarakan MSC, Manabu Orido datang dengan mobil yang benar-benar unik, Celica berwarna putih. Heh? Celica di event drift?



Melihat tampang depannya, memang terlihat seperti Celica generasi terakhir, namun siluet dari sampingnya menunjukan bahwa ini bukan Celica, tapi….


…Supra JZX80!


Ya, Supra milik salah satu panitia di MSC ini dengan sukses mengadopsi front-end milik Celica. Guild N One, rumah modifikasi serta R/C drift yang bertanggung-jawab akan konversi ini membuat 1 set body-kit spesial hanya untuk Supra yang membuat penyegaran akan tampang Supra yang “itu itu saja”


Sekilas, jika melihat Supra bertenaga 600hp ini, saya jadi teringat akan Ridox Supra. Mungkinkah karena desainernya sama? atau ada campur tangan Max Orido disini? Yang jelas, hasilnya sangat rapih serta terlihat fungsional, karena selain menjadi kendaraan pribadi, pemiliknya juga memakai Supra ini di kejuaraan MSC Street Legal, yang mengharuskan mobilnya harus dapat sesuai dengan regulasi lalu-lintas Jepang


Velg Advan AVS T7 berukuran 18″ warna emas yang dibalut ban Yokohama Advan Neova AD-07 sangat serasi dengan warna putih mobil. Apalagi ketinggian mobil direduksi berkat kombinasi suspensi mahal TRD Adjustable serta Ikeya Formula, menghasilkan formula yang sangat terlihat “Jepang”


Di buritannya, GT Wing besar serta diffuser dari karbon buatan Guild N One makin menunjukan bahwa ini bukan Supra biasa. Belum lagi knalpot custom Titanium berukuran 130mm, pasti suara mesin 2JZ-GTE yang dibantu turbo Trust T-88-33D ini sangar!


Jadi, konversi front-end mobil tidak hanya berlaku untuk Nissan seperti Sileighty atau “Strawberry Face” yang menggunakan bagian Silvia S15, tapi juga Toyota Supra & Celica!

Spesifikasi

Guild N One Toyota Supra D1/MSC drift car

Mesin: Toyota 2JZ-GTE 3.0 ltr engine, Trust exhaust manifold with custom turbine bracket, Trust T-88-33D turbo and external wastegate, Trust 100mm front pipe, Sard 80mm catalyst, custom 80/100/130mm titanium exhaust, HPI cone filter, Custom 100mm aluminium intake pipe (painted blue), Trust intercooler and 80/90mm piping, custom intercooler spray Koyo aluminium radiator mounted lower in engine bay, Custom radiator hoses, ORC air separator tanks for radiator and power steering, Trust oil cooler, Nissan R34 GT-R in-tank fuel pump, Sard fuel regulator, Six Sard 800cc injectors, HKS F-Con V Pro ECU, Nutec oil

Tenaga Maksimum: 600bhp@7000rpm (1.4bar boost)
Torsi Maksimum: 506lb/ft@5500rpm (1.4bar boost)

Transmisi: Standard Getrag six-speed manual gearbox, ORC twin-plate clutch, ATS limited-slip differential.

Suspensi: TRD adjustable suspension kit, 18kg/mm front springs, 10kg/mm rear springs, Ikeya Formula fully adjustable suspension links, Ikeya Formula brushes, Ikeya Formula rear strut bar, Guild N One custom front strut bar with reinforcement braces.

Rem: Project Mu four-pot front callipers, Project Mu 345mm two-piece slotted front discs, Project Mu D1 spec pads, Project Mu barided brake lines.

Velg & Ban: Yokohama AVS T7 9.5x18in wheels with Yokohama Advan Neova AD-07 265/35×18 tyres

Eksterior: One off body conversion by Guild N One, custom stiffened Guild N One front wings with bracing, Guild N One front bumber, Toyota Celica headlights, Guild N One aero bonnet (reinforced with metal frame), carbon-look Ganador side mirrors, Guild N One sideskirts, Guild N One rear bumper, blended over-fenders, rear diffuser and carbon GT wing, custom MSD/DL-SL decals.

Interior: Cusco bolt-in roll cage with custom padding, stripped out rear seats and boot, racing steering wheel, Works Bell snap-off boss, racing bucket drivers seat, HPI harness, Recaro reclining passenger seat, TRD main dash instrumentation, carbon-look dash, HKS EVC boost controller, Défi Link display, Défi main control unit, dash-mounted HKS F-Con V Pro ECU, Sard gauges (exhaust temp, water temp, oil temp, oil pressure). custom gauge pod, GReddy turbo timer, Veilside shift knob, Cusco Fly-off handbrake button, custom battery enclosed behind driver, Kenwood Z505 CD head unit.
Sumber : Guild N One Japan

WoW!! Dahsyat ASI Invader L60, Modifikasi SUV jadi Liar!

WoW!! Dahsyat ASI Invader L60, Modifikasi SUV jadi Liar!



Rumah modifikasi terkenal dari Jepang, ASI, merasa bahwa SUV full-size Lexus LX570 masih kurang garang baik di sektor tampilan maupun di performa. Maka, mereka melakukan modifikasi yang bisa dibilang cukup ekstrem untuk ukuran SUV

Yang paling mencolok, tentunya adalah widebody “ekstrem” khas ASI, yang terkenal berani memodifikasi mobil-mobil eksotis secara total, tidak peduli merek ataupun tipe mobilnya!

Jarang kita lihat SUV menggunakan diffuser, mungkin untuk pengecualian adalah Porsche Cayenne. ASI lebih gila lagi, menggunakan serat karbon di diffusernya, membuat kesan sporty sangat kental! Apalagi ditemani sepasang knalpot ganda yang sama-sama berlapis karbon

ASI mengatakan bahwa mereka membuat merek dagang baru bernama Invader Technologies, yang khusus melakukan modifikasi mobil secara total sehingga menjadi mobil yang benar-benar baru. Contoh produk awalnya ya ini, Invader L60 yang dibuat terbatas

Kita lihat di bagian mesinnya. Ya!, Supercharger TRD dipasangkan agar mesin 5700cc Lexus yang sudah diganti intake serta re-mapping ECU ini semakin perkasa. Hasilnya? tenaga sebesar 592hp siap mengantarkan L60 berakselerasi 0-100km/h hanya dalam 5 detik!

Ini adalah video bagaimana Invader L60 melaju, Keren!

Di kaki-kakinya, ASI mengganti suspensi elektronisnya agar menjadi rendah, sekaligus mematikan kemampuan off-road dari Lexus LX570. Tentunya siapa yang mau mengajak berkubang ke tanah dengan velg berukuran 22″ dan rem heavy-duty mahal dari Invader L60!

Menggenapkan modifikasinya, ASI melakukan kustomisasi di inte­rior dengan kombinasi warna mencolok. Merah & Beige menyelimuti seluruh kabin L60, dan dipadukan detail-detail dari serat karbon, membuat kesan elegan sirna, berganti menjadi sportif

ASI berencana hanya menjual 100 unit Invader L60, dan uniknya lagi, mereka hanya menjualnya untuk pasar Timur Tengah, yang menjawab pertanyaan “Mengapa ASI rela memodifikasi Lexus LX570 secara total?”

Karena pasar Timur Tengah merupakan pasar dengan konsumen-konsumen super kaya yang memiliki selera (super) unik dan siap menggelontorkan dana berapapun untun mobil yang sesuai dengan keinginannya!
Sumber : Invader Technologies Japan

Chris Brown & Supercar Lamborghini Gallardo, Membawa Suasana Perang Dunia Ke Jalanan

Chris Brown & Supercar Lamborghini Gallardo, Membawa Suasana Perang Dunia Ke Jalanan



Nekat! Inilah ucapan pertama yang saya katakan ketika pertama kali melihat Lamborghini Gallardo milik Chris Brown, seorang penyanyi R & B yang sedang naik daun itu. Dengan warna & grafik ala pesawat tempur ala perang dunia ke-2 ini, tampang Gallardo yang eksotis berubah menjadi garang!

Ini adalah ide dari Sean Burnley, seorang modifikator mobil dengan nama BodyShot dari Georgia yang terkenal di kalangan para rapper & penyanyi kulit hitam serta komunitas Hot-Rod. Banyak kreasi-kreasinya dipakai oleh mereka, seperti T-Pain.

Sean mengatakan, bahwa Gallardo milik Chris Brown terlihat kurang “unik”, apalagi Gallardo bisa dibilang sudah terlalu sering dilihat di Hollywood & Beverly Hills, membuat imej-nya terasa kurang pas dengan Chris Brown yang ingin selalu berbeda

Awalnya, Sean memberikan ide pada Chris Brown agar Gallardo-nya dicat berwarna camo ala tentara, namun setelah melihat hasil Photoshop buatan Brad Keener, Sean akhirnya memilih skema warna ala Pesawat P-51 Mustang yang terkenal di PD-2 itu (sempat dimiliki AURI Indonesia juga lho!) & Chris juga mengiyakan!

Hasilnya? Meskipun tidak semua orang suka dengan skema warna ini (apalagi jika dilakukan pada Lamborghini!), namun tentu saja, Gallardo milik Chris Brown ini terlihat unik & sangar!

Semoga saja Chris menyayangi Gallardo yang menggunakan kode angka yang memiliki inisal C-H-R-I-S-B ini, tidak seperti ketika ia menghajar Rihanna sampai bonyok & digugat itu!
Sumber : BodyShot Custom Paint Works

MiniCar Porsche oops!! Volkswagen Bugster, Modif Apa Pula Ini?

MiniCar Porsche oops!! Volkswagen Bugster, Modif Apa Pula Ini?



Kita sering melihat dimana orang menggabungkan 2 unit mobil menjadi 1 mobil baru dengan berbagai kondisi. Ada yang terlihat ide yang jenius, ada yang terlihat seperti pekerjaan tidak serius. Kali ini adalah contoh yang jenius, dimana 2 mobil kebanggan Jerman bersimbiosis menjadi sebuah mobil “baru”

Sesuai namanya, Bugster merupakan kombinasi antara Volkswagen Beetle 1973 dan Porsche Boxster 2000. Ide konyol namun cerdas ini didapat oleh Siegfried Rudolf, pemilik rumah modifikasi & restorasi CarMaxx yang berspesialisasi di Porsche & Volkswagen sewaktu ia melihat Beetle antiknya parkir di sebelah Boxster milik istrinya

Menggunakan mesin 6 silinder Flatsix dari Boxster bertenaga 270hp, hasilnya adalah sebuah Beetle antik dengan mesin bertenaga & lebih mudah dirawat, apalagi Porsche & Volkswagen merupakan 1 grup, jadi ubahan ini masih dianggap “Halal”

Selain warna Gunmetal Gray yang mempesona, Rudolf juga menambah lebar fender belakangnya, serta menambah lubang ventilasi untuk mesinnya di samping. Menandakan bahwa Rudolf serius & menggunakan mobil ini untuk harian

Agar pengendaliannya tidak se-kuno Beetle lama, Rudolf memasang set kaki-kaki seperti velg BBS LM berukuran 18″ serta suspensi adjustable baru. Lihat perangkat remnya, depan-belakang cakram!

Mesin kencang & kaki-kaki ciamik = Handling mantap! Rudolf sendiri berkata, berkat ruang mesin Beetle yang lumayan luas, kalau perlu mesin 911 GT3 juga bisa dimasukan. Edan!

Untuk kabinnya, dashboard custom serta parts-parts dari Porsche Boxster juga dipasang menggantikan bawaan Beetle. Hasilnya sangat rapih & terlihat nyaman

Jadi, berhati-hati saja, jika melihat Volkswagen Beetle antik melaju kencang dengan suara mesin yang modern. Jangan-jangan itu sudah menggunakan mesin Porsche!
Sumber : Bugster Official Site