Jumat, 22 April 2011

Bertone Design Italia,Desain Legendaris Lancia Stratos Zero

Lancia Stratos Zero 1970, Bibit Awal Desain Legendaris!


Siapa yang tidak tahu Lancia Stratos? Salah satu sportcar ikonik sepanjang masa, karena kehebatannya di arena rally, yang membuatnya memiliki banyak penggemar. Bahkan, 2 fans terbesarnya, Michael Stoschek serta Christian Hrabalec telah membuat 2 versi terbaru dari Stratos dengan menggunakan bagian-bagian dari mobil modern (Ulasan 2 mobil ini akan menyusul!)

Tapi, tidak banyak orang yang tahu bahwa awal mula sang sportcar legenda ini bermula dari sebuah mobil konsep rancangan rumah desain Bertone. Dialah Stratos Zero, yang dibangun pada tahun 1970 dengan ide memasang mesin Lancia Fulvia V4 1600cc kepada sasis serta body baru

Didesain oleh desainer muda & bertalenta, Marcello Gandini, yang juga bertanggung-jawab akan desain kontroversial Lamborghini Countach & Miura. Dengan ukuran yang aneh, 3,58m untuk panjang & hanya memiliki tinggi 84cm, desain Stratos Zero sangat mencolok & terlihat sangat pipih. Jauh berbeda dengan desain versi produksinya!

Prototip ini awalnya direncanakan memiliki 3 opsi mesin, yang pertama adalah dari Lancia Fulvia, kedua dari Lancia Beta, dan yang akhirnya dipakai di versi produksinya, Dino Ferrari V6 yang mampu memproduksi tenaga maksimum 192hp

Bertone sendiri memilih opsi yang pertama, mesin V4 bertenaga 115hp dari Fulvia, dan diletakan di tengah dengan posisi rendah serta desain suspensi & kemudi yang ekstrem, yang merubah paradigma konstruksi akan mesin di dunia supercar

Stratos Zero, dirancang oleh Marcello Gandini yang selain memiliki desain yang kontemporer, juga dengan fitur-fitur desain yang unik, seperti pintu yang hanya 1 dan dipasang didepan, lampu depan yang sangat pipih & futuristis, kap mesin berbentuk piramida, serta jendela samping yang terbelah. Aneh? Bukan Bertone & Marcello Gandini jika tidak aneh & menggemparkan!

Baja merupakan material utama dalam bahan untuk sasis & beberapa bagian body, yang dikombinasikan dengan serat kaca sebagai panel-panel bodynya. Uniknya, di interiornya sendiri terpasang sebuah bagasi kecil untuk menaruh helm. Apakah ini pertanda bahwa Bertone tahu kreasinya akan bertransformasi menjadi sebuah mobil rally legendaris?
Ini adalah video bagaimana Stratos Zero melaju di jalanan. Bayangkan jika mobil ini berada di jalan saat ini, pastinya akan dianggap UFO karena bentuknya!

Lancia Stratos 0 (Zero) dibangun dalam waktu 1 tahun, dan pertama kali diperkenalkan pada publik di perhelatan Turin Motor Show pada tahun 1970. Dengan desain yang benar-benar segar & mencengangkan, membuatnya menjadi sorotan publik & media, serta mencatatkan namanya di sejarah desain sportcar

Karena desain yang ikonik ini, (alm) Michael Jackson pernah memakai Stratos Zero dalam film terkenalnya, Moonwalker serta untuk videoklip Smooth Criminal. Memang, jika dilihat-lihat, imej Stratos Zero & MJ itu sama sih, unik & berbeda dengan yang lainnya!

Hari ini, Stratos Zero merupakan koleksi dari museum Bertone, dan menjadi bukti bahwa sebuah mobil yang menggunakan mesin yang relatif kecil, namun jika memiliki desain yang keren & unik, pastinya bisa menjadi legenda!
Sumber : Bertone Design Italia

0 komentar:

Posting Komentar