Minggu, 17 April 2011

Supersport Dodge Viper SRT10 ACR, Sang Ular Berbisa Pemangsa Corvette!

Supersport Dodge Viper SRT10 ACR, Sang Ular Berbisa Pemangsa Corvette!





Bagi penggemar mobil sport, pasti hapal dengan tampang sangar & intimidatif ini. Ya, sang supercar kebanggan Amerika, Viper. Mesin buas bak ular yang sedang lapar, handling liar yang butuh kemampuan untuk mengendalikannya, serta desain agresif, siapa yang tidak tahu akan mobil ini?



Meskipun memiliki imej yang mengerikan, namun jika sudah tahu kemampuan serta cara mengendalikannya, maka Viper akan berubah menjadi mesin pembantai di sirkuit, seperti yang dibuktikan oleh Mopar, rumah modifikasi resmi dari Chrysler Group serta pembalap Kuno Wittmer
Dengan versi SRT10 ACR (American Club Racer), Viper mampu menghancurkan rekor lap di Miller Motorsports Park dengan catatan waktu 1:59.995, lebih cepat 4 detik, jauh meninggalkan rekor yang sebelumnya dicetak oleh Corvette ZR1 yang dipiloti oleh Jan Magnussen (2:03.86)

Hebatnya, rekor Viper kali ini dicetak pada konfigurasi sirkuit Miller Motorsport Park versi Outer Course, yang perdana kali dimulai pada saat rekor Viper ini dicetak. Benar-benar paten!

Kuno Wittmer sendiri berkata “Viper ACR ini benar-benar gila, mampu dipacu habis-habisan di sirkuit sampai batas maksimum, dan aku yakin bahwa aku mampu menyikat semua tikungan tanpa kesalahan”. Viper SRT10 ACR yang merupakan Viper versi terakhir sebelum berhenti produksi ini juga memiliki reputasi terhormat sebagai penghancur rekor lap, seperti di Laguna Seca (2009, 1:33.92), serta sirkuit kebanggan Eropa, Nordschleife (2008, 7:22.1)

Seperti yang kita tahu, Viper merupakan sportcar yang menggunakan mesin raksasa, V10 8400cc yang berasal dari truk Dodge RAM, membuatnya memiliki tenaga yang raksasa. Untuk versi ACR sendiri, mesin ini dimodifikasi agar mampu menghasilkan tenaga sebesar 600hp serta torsi maksimum yang fenomenal, 760nm!

Dengan bobot yang lebih ringan serta aerodinamika yang lebih baik dibanding Viper biasa, versi ACR ini mampu berakselerasi 0-96km/h hanya dalam waktu dibawah 4 detik serta kecepatan maksimum 296 km/h

Standar untuk ukuran mobil balap? Ini bukan kelebihan khas mobil sport Amerika, karena kemampuan sebenarnya dari Viper terasa pada dipacu 0-402m, karena hanya butuh waktu 11 detik kurang! Masih belum menggetarkan? Ini performa lainnya : 0-161km/h lalu berhenti, hanya butuh waktu 11 detik. Sinting!

Untuk menahan tenaga sebesar itu, Mopar melakukan 2 cara. Pertama, untuk menambah daya tekannya, sebuah Air Splitter berbahan karbon fiber didepan serta sayap raksasa yang dapat diatur di belakang, membuatnya mampu menahan tekanan 453,6kg pada kecepatan 241km/h. Pastinya berguna untuk makin “merekatkan” Viper ACR dengan aspal sirkuit

Yang kedua adalah di kaki-kakinya. Mopar bekerja sama dengan KW Suspension membuat suspensi khusus 2-jalur yang dapat disetel dengan spek kompetisi, serta perangkat rem dari StopTech yang bersembunyi dibalik velg alumunium ringan yang dibalut ban kompetisi Michelin PS Cup

Dengan segala kemampuan impresif dari Viper ACR, siapa yang berani menantangnya? Gila, buas & kencang. Pastinya Lamborghini & Ferrari sekalipun akan pikir panjang jika ingin menantangnya di sirkuit!

0 komentar:

Posting Komentar