Selasa, 19 April 2011

RUF CTR2 Yellowbird,The Motorplus Sepanas Sinar Matahari!

RUF CTR2 Yellowbird,The Motorplus Sepanas Sinar Matahari!



RUF? Bisa dibilang adalah tuner Porsche yang jarang didengar, kecuali oleh penggemar Porsche atau game balap. Ya, sebelum era Gran Turismo PS3, satu-satunya cara agar kita dapat merasakan sensasi flatsix dari Porsche adalah via RUF, yang memiliki spesialisasi membuat Porsche menjadi sebuah monster cantik bertenaga besar

Salah satu kreasi paling monumental dari RUF adalah CTR, yang akrab dipanggil “Yellowbird” karena warna kuningnya yang benar-benar mencolok mata. CTR sendiri, memiliki 3 generasi, dari yang berbasis Porsche 964, 993 yang kali ini saya ulas, dan 997 yang tidak lagi memakai nama “Yellowbird”. Yang paling fenomenal adalah CTR2, yang berbasis dari Porsche 993 dengan penggerak 4WD

Modifikasi besar-besaran dilakukan oleh RUF, salah satunya di sektor mesin. Mesin Boxer 6 silinder berkapasitas 3600cc bawaan 993 ditambah 2 unit turbocharger baru yang lebih kuat serta menambah presisi rakitan mesinnya. Hasilnya? Tenaga sebesar 580hp dengan mudah didapatkan, termasuk besar untuk ukuran Porsche

Modifikasi lainnya, yang termasuk ekstrem adalah merubah diferensial Porsche, sehingga masih kuat menopang tenaga besar via penggerak 4WD-nya. Hasilnya adalah pengendalian khas Porsche, namun ditambah kecepatannya…2x!

Performa yang dihasilkan berkat kombinasi mesin kuat & penggerak 4WD membuahkan hasil yang spektakuler : Akselerasi 0-100km/h hanya dalam waktu 3,5 detik, serta topspeed 340km/h. Membuat CTR2 menjadi salah satu mobil tercepat di dunia pada saat itu, bersaing dengan Ferrari F50 & Jaguar XJ220. Lamborghini Diablo? Hilang tak berbekas disikat Yellowbird!

Namun, hal terbaik dari CTR2 adalah handlingnya. Berkat pemakaian sistem AWD, pengendara Yellowbird dengan mudah membawa mobil ini dipacu dalam kecepatan maksimum tanpa takut kehilangan traksi. Saking impresifnya, hanya Mclaren F1 saja yang mampu mengalahkan catatan waktu CTR2, yang memiliki harga 3x lipat lebih besar dibanding CTR2!

Interior CTR2 sendiri, masih terbilang tidak terlalu berubah drastis dengan 993 Turbo. Hanya jok kulit dari Recaro yang dipasang sabuk pengaman dari Simpson serta rollcage yang bersembunyi dibalik kabinnya

Melihat performanya yang sangat hebat, RUF pernah mencoba membuat versi balap dari CTR2 untuk mengikuti lomba hillclimb Pikes Peak pada tahun 1997. Dikemudikan oleh Steven & David Beddor bersaudara, CTR2 versi balap ini benar-benar mengagetkan, karena dibanding mobil lainnya, mereka mengemudikan Yellowbird ini dari markas mereka menuju trek lomba alias masih Street Legal. Hasilnya? Posisi terhormat berhasil digondol, yaitu Steven pada posisi ke-2, dan David di posisi ke-4, meskipun awalnya CTR2 memuncaki posisi kualifikasi

Ya, bahkan dengan desain simpelnya, para tuner Eropa memang tidak terlalu senang akan desain-desain mencolok & agresif ala tuner Jepang, meskipun dibaliknya menyimpan tenaga raksasa & pengendalian sempurna!

0 komentar:

Posting Komentar