Selasa, 19 April 2011

Adu kelistikan Otomotif edo Competition CCR, Menambah Tips Otomotif Sang Jagoan “Tua”

Adu kelistikan Otomotif edo Competition CCR, Menambah Tips Otomotif Sang Jagoan “Tua”



Apa persamaan antara Porsche Carrera GT & Koenigsegg CCR? Kedua-duanya dibuat dari tahun 2004 sampai 2006, serta kedua-duanya kali ini mendapat suntikan modifikasi dari tuner terkenal dari Jerman. Jika Carrera GT mendapat dosis modifikasi dari Gemballa bernama Mirage GT, maka CCR mendapat kit “Evolution” dari edo Competition

Melihat usia CCR yang sudah berusia 5 tahun, tentunya muncul pertanyaan di benak : “Untuk apa mobil lama dimodifikasi?”. Ini bukan berarti CCR mobil jelek atapun kurang garang, karena tenaga maksimum bawaanya saja sudah mencapai 827hp, membuatnya menjadi salah satu mobil terkencang pada saat itu!

Alasannya karena, bagi pemiliknya yang berlokasi di Belanda, CCR sekarang sudah tidak sebrutal dulu. Akhirnya, ia membawa mobil keren ini ke edo Competiion, agar diberi modifikasi “simpel”. Unit supercharger tambahan buatan HAS akhirnya dipilih untuk menambah suntikan tenaga di rpm rendah pada mesin Ford V8 4700cc Twin Turbo, membuatnya makin “sinting”, 891hp!

Namun, tenaga raksasa bukanlah tujuan edo Competition, karena naiknya tenaga tidak terlalu berpengaruh pada performa bawaan CCR yang sudah impresif. Menurut edo, tujuan mereka adalah membuat tenaga besar itu lebih menyebar di setiap putaran mesin, serta torsi maksimumnya lebih cepat tercapai”. Jadi, pemasangan supercharger ini membuat CCR jadi lebih responsif & enak dipakai di perkotaan

Selain supercharger, gearbox manual buatan pabrikan Swedia ini pun dirubah agar lebih mudah diganti persenelingnya. Manajemen mesinnya pun disetting, seperti tekanana superchargernya akan mulai menyalak pada 3.700rpm sampai 6.000rpm, serta redline-nya dipotong, dari 7.600rpm berubah menjadi 7.200

Karena alasan tidak fungsional, edo akhirnya mengurangi topspeed CCR ini, dari 394km/h menjadi 390km/h. Alasannya karena dengan untuk kecepatan segitu, sangat berbahaya & membutuhkan jalan lurus yang panjang. Belum lagi soal ban yang lebih cepat habis, toh kecepatan 390km/h sudah cukup menakutkan untuk mobil-mobil lain bukan?

Ya, pada akhirnya, modifikasi yang baik adalah yang fungsional, bukan hanya menambah tenaga ataupun topspeed, namun mengurangi kenikmatan & kenyamanan berkendara!

0 komentar:

Posting Komentar