Selasa, 19 April 2011

FAKTA-FAKTA CLASIC Logo Otomotif Alfa Romeo 33 Stradale, Sang Italian Sweetheart!

FAKTA-FAKTA CLASIC Logo Otomotif Alfa Romeo 33 Stradale, Sang Italian Sweetheart!



Jika kita berpikir : “Mobil Italia apakah yang paling “Italia”?”, Maksudnya, mobil dari Italia yang benar-benar memiliki darah, desain & ciri khas mobil Italia, yang membuat orang yang melihatnya pasti berpikir bahwa “Mobil ini pasti dari Italia”
Jawabannya pasti banyak dan berasal dari beberapa era. Bisa saja Ferrari F40, Maserati GranTurismo, Lamborghini Miura ataupun Fiat 500. Namun, yang paling memiliki aura akan Italia adalah Alfa Romeo, lebih tepatnya Alfa Romeo 33 Stradale, mobil yang menduduki peringkat ke-15 dalam list 100 mobil ter-seksi menurut Top Gear

Apa yang membuatnya menjadi salah satu mobil sport Italia yang paling “Italia”? Yang pertama adalah desain. Siapa yang tidak menyukai desain dari Italia? Pininfarina, ItalDesign, Bertone, Zagato, banyak sekali rumah desain dari Italia yang dipakai jasanya oleh para pabrikan besar untuk mendesain produk mereka

Stradale 33 ini sendiri didesain oleh Franco Scaglione dari rumah desain Carrozzeria Marazzi pada tahun 1967 dengan basis dari mobil balap Autodelta Alfa Romeo T33, dan diperkenalkan pada Turin Motorshow di tahun yang sama. Kurang familiar akan rumah desain itu? Carrozzeria Marazzi sendiri merupakan yang bertanggung jawab akan pembuatan mobil-mobil Alfa Romeo yang ikonik, seperti Giulia & 8C Cabriolet

Selain desain, kuantitas & harga juga menjadi patokan. Kebanyakan mobil dari Italia, selain relatif jarang bahkan langka, juga memiliki harga yang tidak terlalu ekonomis. Mengapa? Ini karena mereka lebih melihat mobil sebagai karya seni, bukanlah komoditas ekonomi, yang membuat faktor harga bukanlah persoalan

Alfa Romeo & Carozzeria Marazzi hanya diproduksi 18 unit Stradale 33 dengan harga $17.000 ditahun 1968 pada saat peluncurannya. Terlihat murah? bandingkan dengan harga rata-rata mobil baru pada saat itu yang hanya $2.822, membuat Stradale 33 menjadi mobil termahal saat itu di dunia!

Selain 2 faktor diatas, sisi teknologi juga mesti masuk perhitungan, karena buat apa desain yang cantik serta harga yang mahal jika memiliki teknologi yang standar? Alfa Romeo sendiri membuat Stradale 33 menjadi mobil pertama yang memakai teknologi pintu Dihedral

Kurang familiar? Mungkin pintu kupu-kupu lebih enak didengar. Membuat Stradale 33 juga memiliki pintu yang membulat, mengitari atapnya. Di gambar ini juga kita dapat lihat, kualitas pengerjaan interiornya, yang benar-benar detail & klasik. Salah satu bukti bahwa orang Italia mendesain mobil sebagai karya seni

Yang terakhir adalah mesin. Kali ini, bukanlah mobil dengan mesin yang terbesar, terkencang ataupun tercanggih yang menjadi patokan, melainkan : KARAKTER

Siapa yang mempertanyakan karakter dari mesin buatan Alfa Romeo? Derumannya, getarannya, kurva tenaganya, semuanya memiliki ciri khas yang sulit ditandingi mobil lain. Banyak orang menjadi Alfisiti (fans Alfa Romeo) bukan karena melihat desainnya yang indah saja, namun juga ketika mendengar suara atau sensasi ketika mengemudikannya

Karena berbasis dari mobil balap, tentunya mesin Stradale 33 sendiri memiliki kelebihan dibanding mesin versi jalan raya lainnya. Spesialis mesin balap Carlo Chiti mendesain mesin V8 berkapasitas 1.955cc ini dengan teknologi hebat, seperti sistem injeksi SPICA, 4 koil serta…16 unit busi! Membuatnya mampu menghasilkan tenaga sebesar 230hp@8800rpm untuk versi jalan, dan 270hp jika disetting untuk balap

Untuk menyalurkan tenaga sebesar itu, Carlo Chiti memasangkan girboks 6-percepatan buatan spesialis transmisi Valerio Colotti untuk dipasangkan dengan mesin yang konon mampu berkitir sampai 10.000rpm. Bayangkan suara yang dihasilkannya pada momen itu!

Berkat desain aerodinamis & mesin yang kuat, Stradale 33 memiliki performa yang mengagumkan. Bayangkan, di era 60an, masih sedikit mobil jalanan yang mampu berakselerasi 0-96km/h hanya dalam waktu 5,5 detik & topspeed 260km/h, cukup kencang untuk menyalip seluruh mobil lainnya di jalan raya pada era 60an!

Kencang, indah, langka, mahal. Mungkin kombinasi akan semua poin itu tidak akan membuat sebuah mobil menjadi dambaan semua orang, namun ditangan Alfa Romeo & dilakukan dengan cara ala Italia, pastinya akan membuat sebuah maha karya yang benar-benar membuat banyak orang terpukau!

0 komentar:

Posting Komentar