Jumat, 22 April 2011

supercar paling misterius dan aneh?

Isdera Commendatore 112i, supercar paling misterius dan aneh dari Eropa atau Amerika Serikat!


Tidak semua supercar terbaik, diproduksi oleh merek-merek terkenal. Faktanya, beberapa supercar terbaik diciptakan oleh merk atau tuner-tuner misterius & aneh dari Eropa atau Amerika Serikat.

Salah satunya adalah Isdera Commendatore 112i. Supercar yang seperti bayangan selama 1 dekade, karena hanya beberapa gambar yang didokumentasikan, serta hanya 1 (ya, satu!) unit prototip yang berhasil dibuat.

Isdera sendiri, merupakan perusahaan kecil yang berbasis di Jerman, dan meskipun secara image, tidak sebesar & legendaris seperti Bugatti atau Lamborghini, Isdera berhasil membuat gempar (meski tidak besar) di dunia supercar!

Kembali lagi ke mobil, Isdera Commendatore 112i merupakan buah pemikiran dari pemilik sekaligus insinyur dari Isdera, Eberhard Schulz. Commendatore 112i diluncurkan pada tahun 1993 dan setiap unitnya direncanakan diberi harga $450000. Harga yang sangat tinggi di tahun itu!

Sayangnya, Isdera sendiri bangkrut, dan hanya 1 unit Commendatore (yang berarti Komandan dalam bahasa Italia) yang berhasil diproduksi oleh Schulz dan anaknya.

Commendatore 112i, memiliki bobot hanya 1,450kg, serta mampu berakselerasi 0-96kph hanya dalam 4.7 detik, serta topspeed 342 km/h.

Ini berkat mesin V12 dari Mercedes-Benz yang berkapasitas 6000cc, yang “hanya” mampu memproduksi tenaga 402hp (angka yang kecil untuk mesin berkonfigurasi V12) serta transmisi manual 6 percepatan

Namun kelebihan utama dari Commendatore adalah teknologi yang dikandungnya, serta karena itu, Isdera menghabiskan dana sampai 4 juta Euro untuk risetnya. Seperti pintu sayap burung camar 2 unit (untuk pintu mobil & mesin), sasis dengan sistem elektronik yang mampu naik-turun tergantung kecepatan, serta rem udara otomatis, pertama di Dunia

Untuk desainnya sendiri, saya merasa Isdera merancang Commendatore 112i mirip dengan Porsche 917, mungkin karena overhang belakang & ekor yang panjang

Seperti saya sebutkan tadi, Isdera Commendatore 112i tidak diluncurkan untuk umum. Prototipnya sendiri, yang sudah dikemudikan oleh Schulz sebanyak 3000 mil, pernah akan dijual dengan harga yang fantastis! 3 juta dollar!

Meskipun tidak jadi dibeli oleh siapapun, sekarang Isdera Commendatore 112i ada di Berne, Swiss, dimana perusahaan baru mengambil alih Isdera beserta sumber dayanya.
Sumber : Isdera

0 komentar:

Posting Komentar